Ini Dia Tips Aman Membeli PS4 Baru Di Tahun 2020

Duniagame338 - Meski sudah sangat positif akan kehadiran produk PlayStation 5 (PS5) namun produk lawas yaitu PlayStation 4 (PS4) masih cukup tinggi peminatnya di pasar game konsol. Meskipun, PS4 sendiri merupakan salah satu produk yang sudah cukup lama dirilis Sony yaitu pada tahun 2013 lalu.

PS4 2020

Tingginya minat pecinta game terhadap PS4 tidak lepas dari hadirnya berbagai game yang memang menarik untuk dimainkan. Sebut saja seperti FIFA 20, The Last of Us, God of War, Red Dead Redemption 2, dan masih banyak lagi.

Nah, apabila kamu memiliki rencana untuk membeli PS4, maka di bawah ini Duniagame338 telah merangkum informasi mengenai harga PS4 tersebut dari berbagai sumber. Namun, harga PS4 tersebut tidak mengikat tergantung dari lokasi pembelian dan promo yang ditawarkan, Selasa (25/8/2020).

Melansir situs Playstation.com, saat ini Sony hanya menawarkan dua pilihan dari PS4. Salah satunya PS4 standar yang dilengkapi dengan hard drive sebesar 1TB.

Apabila dibandingkan dengan generasi PS4 sebelumnya, pada PS4 ini sistem mekanik di dalam konsol sudah diperbarui serta kipas di dalam PS4 ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain itu, suara mesin dari PS4 generasi ini juga lebih halus.

Mengenai harga, PS4 standar generasi ini dibanderol sebesar Rp 5.199.000,00 apabila menilik harga eceran yang disarankan dari situs Playstation.com Indonesia.

Selayaknya nama Pro yang disematkan pada PS4 ini, secara spesifikasi memang lebih mumpuni dibanding PS4 versi standar. Bahkan PS4 Pro tersebut mampu menyajikan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan, karena PS4 Pro sudah mampu untuk menyuguhkan grafis game dengan resolusi 4K.

Khusus untuk PS4 Pro hadir dengan tiga port USB sekaligus. Tentunya fitur ini sangat berbeda dengan PS4 versi standar yang hanya dibekali dengan dua port USB. Adanya port USB tambahan ini berfungsi sebagai slot untuk PS VR. Fitur lain yang ada di PS4 Pro yaitu sudah dibekali dengan dukungan HDMI 2.0 yang mampu memaksimalkan hadirnya resolusi 4K tersebut.

PS4 2020 Pro

Sedangkan dari sisi dapur pacu, PS4 Pro sudah dibekali dengan prosesor octa core dari AMD yang tentunya lebih kencang. Bahkan kecepatan clock-nya bisa mencapai 2,1 GHz, jauh berbeda dibanding dua generasi sebelumnya yang berada di angka 1,6 GHz saja. Peningkatan dari segi performa juga terjadi pada sisi chip grafis, di mana performanya dapat melonjak hingga 911 MHz. Hal tersebut praktis membuat bandwith-nya dapat meningkat hingga menjadi 4,2 Tera Flop.

Jika berminat, maka harga PS4 Pro ini memang bisa dikatakan jauh lebih mahal dibandingkan varian PS4 sebelumnya. Harga PS4 Pro ini di banderol pada kisaran harga berkisar Rp 7 juta, tergantung penawaran serta lokasi pembelian.

Sebelum membeli PS4 ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar mendapatkan produk yang asli, berkualitas, serta aman. Berikut tipsnya:

1. Beli di toko resmi

Seiring kemajuan teknologi, banyak orang yang menggunakannya untuk merugikan orang lain, salah satunya tindak penipuan. Pastikan sebelum membeli kamu mengetahui toko tersebut. tapi, apabila kamu akan membeli di toko online, ada baiknya untuk mencari toko online yang kredibel.

2. Beli yang memiliki kode wilayah SEA

Kode wilayah SEA adalah kode untuk daerah atau negara di Asia Tenggara seperti Indonesia dengan kode wilayah akhiran 06. Hal ini mungkin sering dilewatkan, namun sebenarnya memahami kode wilayah tersebut berkaitan erat dengan layanan garansi resmi dari Sony Indonesia.

3. Cek kondisi fisik saat membeli

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Mungkin saja pihak pabrikan melakukan kesalah dan lolos dari QC. Itulah mengapa penting untukmu saat membeli PS4 coba nyalakan dan mainkan sebentar.

Tapi, hal tersebut mungkin hanya apabila membeli di toko. Jika kamu beli secara online, maka coba minta pengecekan melalui video. Tapi sebelum di video, minta si penjua menuliskan nama tokonya di atas produk yang akan kamu beli.

Jangan lupa juga untuk mengecek asli tidaknya barang dari kode produk yang ada di kardus dan unit PS4. Namun, apabila memungkinkan memang lebih baik lakukan COD (Cash On Delivery) hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Sesuaikan dengan budget

Tips berikutnya adalah dengan menyesuaikan budget untuk membeli PS4. Meski konsol tersebut sudah lama kamu inginkan namun budgetmu belum cukup, jangan sampai kamu memaksakan untuk membeli PS4 apalagi dalam kondisi baru. Kamu bisa memilih untuk beli PS4 dalam kondisi bekas namun yang masih bagus.

Sebab elektronik akan selalu berkembang, timing membelimu juga harus tepat. Jangan sampai menyesal sudah beli PS4 tapi beberapa bulang kemudian justru keluar PS5. Tentunya rasa kecewa akan muncul dan kamu tidak akan mendapatkan pengalaman menyenangkan ketika bermain PS4 milikmu.

5. Jangan tergiur harga PS4 murah

Apabila dari sisi budget terbatas, kamu bisa memilih untuk membeli konsol bekas atau cari PS4 baru namun dengan promo-promo potongan harga. Tapi, tetap hati-hati karena saat ini banyak penipuan yang menyasar para calon konsumen konsol game. Pastikan toko baik itu offline atau online benar-benar bisa dipercaya. Sebab harga PS4 murah bisa membutakan mata dan berakibat terburu-buru saat membeli.